Netnografi Sebagai Salah Satu Solusi Riset di Masa Pandemi

Program Studi S2 – Magister Manajemen Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menggelar sharing session Sabtu (22/08/20) secara daring.

Acara ini dihadiri oleh Dr Sigit Hermawan SE MSi, selaku keynote speaker, dan lima narasumber antara lain: Susi Murtiningrum, SSi.; Shinta Didin H. M. SPsi.; Diah Yuliastri, SPsi.; Dwi Setyowati,; dan Chalimatus Sa’deyah, SPd.

Topik yang dibahas adalah terkait netnografi, netnografi merupakan metode penelitian untuk memahami interaksi masyarakat dan budaya yang terbentuk memalui jaringan. Pada masa pandemi, netnografi sebagai Salah satu riset yang cocok untuk mengetahui fenomena – fenomena saat ini yaitu media sosial yang dipakai untuk berbisnis.

Dr Hadiah Fitriyah SE MSi Ketua Prodi s2 Magister Manajemen berharap bahwa acara – acara yang diselenggarakan ini dapat menambah wawasan, bisa menambah kebermanfaatan untuk mayarakat luas.

Dr Sigit Hermawan SE MSi selaku keynote mengatakan, fenomena meningkatknya media sosial (medsos) yang awalnya bukan siapa – siapa tentu bisa meraup keuntungan yaitu youtuber. Medsos merubah zero menjadi hero, contohnya Atta Halulintar dan Ria Ricis.

Asal muasal notnografi adalah dari Enografi, Sigit sapaan akrabnya menemukan pembaharuan etnografi menjadi sosmednografi. sosmednografi itu sendiri merupakan penelitian yang mempelajari budaya atau masyaratakat dalam menggunakan media sosial.

Dalam Ekonomi, manajemen dan bisnis, sosmednografi yaitu mempelajari masyarakat atau budaya dalam menggunkan media sosial untuk berbisnis.

Video Live Sharing Session